Thursday, Jan 18th

Last update12:00:00 AM GMT

You are here: RSPC INFO Pelayanan Pelengkap Multi Slice CT

Multi Slice CT

E-mail Print PDF

Mengenai MSCT

Ketepatan diagnosa akan sangat membantu dalam penanganan terapi suatu penyakit, oleh karena itu dibutuhkan modalitas alat / fasilitas yang dapat menunjang prosedur tersebut.

Saat ini dengan semakin berkembangnya tehnologi salah satu perangkat diagnostik canggih yang banyak digunakan dan sangat membantu untuk menegakkan diagnosa adalah MSCT, yaitu alat radiologi (radiodiagnostik komputerisasi) yang dapat memberikan irisan lebih tipis sehingga terbentuk gambaran organ tubuh yang lebih detail. Selain itu pencitraan yang dihasilkan juga dapat dalam penampang rekonstruksi multi planar ( MPR ) dan tiga dimensi ( 3D ).

Keunggulan MSCT RS Puri Cinere adalah :

  1. Prosedur scanning yang lebih cepat dibutuhkan waktu kurang lebih 20 detik.
  2. Menghasikan potongan yang lebih tipis sehingga pencitraan kelainan organ atau jaringan tubuh akan lebih akurat ( ketelitian /akurasi diagnostic lebih baik )
  3. Radiasi yang di terima pasien lebih rendah
  4. Bila dibandingkan dengan alat radiologi konvensial adalah saat sinar X menembus jaringan tubuh dan daya serapnya lebih dapat membedakan kepadatan serta spesifikasi jaringan tubuh
  5. Dapat direkonstruksi ke bentuk 3 Dimensi sehingga pencitraan yang dihasilkan lebih baik
  6. FAT Pointer dapat memberikan pencitraan area abdomen terutama lemak visceral dan lemak subcutaneous ( Komposisi Lemak )
  7. Perfusion Analysis dapat memberikan pencitraan analisa aliran darah pada otak
  8. Risk Pointer ; memberikan pencitraan pada organ paru lebih akurat ( menghitung LAA dan prosentasinya)
  9. CT Colonoscopy: pencitraan usus besar lebih detil /akurat.
  10. CTA ( CT Angiografi ) untuk pencitraan pembuluh darah lebih lanjut.

Indikasi Pemeriksaan MSCT

  1. Kasus trauma
  2. Stroke
  3. Tumor
  4. Peradangan, Kelainan lainnya

Persiapan dan Pemeriksaan MSCT

  • Buatlah perjanjian terlebih dahulu, petugas akan memberitahu beberapa persiapan yang akan dilakukan oleh pasien. Informasikan juga bila anda pernah alergi terutama terhadap kontras media, atau sedang hamil maka pemeriksaan tidak dapat dilakukan pada keadaan demikian. Pemberian kontras dilakukan apabila tidak ada reaksi alergi pada saat skin test.
  • Bila pemeriksaan menggunakan kontras media, akan disuntikan melalui intra vena maka kemungkinan akan timbul rasa hangat, merah atau mengalami rasa logam di mulut yang akan hilang beberapa saat kemudian.
  • Pasien berbaring diatas meja CT-Scan, lalu diatur posisi badannya oleh petugas agar dapat terlentang, tengkurap atau miring ke samping dengan sempurna hingga bagian tubuh yang akan diperiksa berada dalam posisi yang tepat.
  • Meja tersebut akan digerakan ke dalam gantry MSCT
  • Pasien kadang kala diminta untuk menahan napas sejenak terutama pemeriksaan daerah thorak dan abdomen agar mendapat gambaran yang tidak goyang.
  • Komputer MSCT dapat memberikan irisan gambaran tiga dimensi ( axial, coronal, sagital ) dan rekonstruksi multi planar ( MPR ) serta tampilan 3D.
  • Radiografer akan memantau selama pemeriksaan berlangsung dan dapat berkomunikasi dengan pasien setiap saat.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan dengan menggunakan MSCT ( multi slice / irisan ) lebih cepat.
  • Setelah pemeriksaan selesai, pasien boleh pulang atau kembali ke ruangan bila sedang dirawat di rumah sakit. Pasien boleh makan dan minum seperti biasa, kecuali ada anjuran lain oleh dokter.
  • Pasien akan mendapat foto hasil pemeriksaan MSCTScan ( dapat di dokumentasi kan berupa CD/DVD ).