Friday, Jan 19th

Last update12:00:00 AM GMT

You are here: Home

Diare

E-mail Print PDF

Diare copy 1

Diare adalah buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam satu hari (24 jam). Ingat, dua kriteria penting harus ada yaitu BAB cair dan sering, jadi misalnya buang air besar sehari tiga kali tapi tidak cair, maka tidak bisa disebut diare. Begitu juga apabila buang air besar dengan tinja cair tapi tidak smpai tigaali dalam seari, maka itu buka penyakit diare.

Diare bisa bedampak fatal apabila penderita mengalami dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan dari tubuh. Oleh sebab itu diare tidak boleh dianggap enteng walaupun kondisi ini umum terjadi.

Gejala diare bermacam-macam, dimulai dari yang hanya merasakan sakit perut singkat dengan tinja yang tidak terlalu encer hingga ada yang mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer.

Penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umunya adalah infeksi usus. Infeksi usus bisa terjadi kita kita mengonsumsikan makanan aau minuman yang kotor dan terkontaminasi. Mikroorganisme yang sering menyebabka infeksi usus adalah bakteri, parasit dan virus seperti norovirus dan rotavirus.

 

Sumber :
dr. Jaka Panca Setiawan, SpPD
Dokter Spesiali Penyakit Dalam RS Puri Cinere